Waspada DBD dan Diare Saat Musim Hujan

oleh -146 Dilihat
Bupati Bandung HM. Dadang Supriatna di dampingi Kadinkes Grace Mediana , poto bersama Tenaga Kesaehata ( Nakes) yang mendapat penghargaan pada Peringatan Hari Kesehatan Nasional ( HKN) ke 57 tingkat Kabupaten Bandung , di Grand Sunshine Hotel Soreang Jumat, (12/11 /2021)

 SOREANG Kontroversinews.com – Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung mengimbau masyarakat untuk mewaspadai berbagai penyakit yang biasanya muncul pada saat musim  hujan. Diantaranya adalah Deman Berdarah Dengue (DBD) yang biasanya diakibatkan oleh banyaknya genangan air yang menjadi penyebab berkembangnya nyamuk Aedes Aegypty. Kemudian penyakit lainnya yang harus diwaspadai adalah diare.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung, drg. Grace Mediana Purnami meminta seluruh masyarakat Kabupaten Bandung untuk membersihkan lingkungan. Katanya, dengan menjaga kebersihan lingkungan maka bisa mencegah terjadinya perindukkan sarang nyamuk.

“Untuk menghadapi musim hujan, biasanya penyakit-penyakit yang ada adalah DBD dan diare, itu yang paling sering terjadi,” ujar Grace disela peringatan Hari Kesehatan Nasional ( HKN) ke 57 di Grand Sunshine Hotel – Soreang, Jumat (12/11).

“Jadi kita sampaikan kepada seluruh masyarakat untuk membersihkan lingkungan, karena dengan kebersihan lingkungan kita dapat mengantisipasi agar tidak terjadi perindukkan sarang nyamuk, itu dampak pada DBD. Kemudian juga tidak menjadi genangan-genangan yang berdampak kepada penyakit diare, karena itu kotoran-kotoran. Sekali lagi untuk masyarakat membersihkan lingkungannya,” tutur Grace.

Jumlah kasus DBD yang di Kabupaten Bandung tahun 2021 ini, ungkap Grace, tidak setinggi tahun kemarin.

“Sebetulnya untuk lonjakan kasus dibandingkan awal tahun kemarin, kita membandingkan dengan tahun kemarin, tidak setinggi tahun kemarin, mungkin hanya 50 persennya,” pungkas Grace.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *