USBN SD di Kec Pasirjambu Diikuti 1550 Siswa

oleh -240 Dilihat
oleh

SOREANG | Kontroversinews.-Penyelenggaraan Ujian Sekolah Berbasis Nasional (USBN) sekolah dasar (SD) di Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung pada 22-24 April mendatang akan diikuti oleh 1550 orang siswa. Sejumlah sekolah pun mulai mempersiapkan siswanya agar bisa menghadapi ujian dengan uji coba ujian (try out) di tiap sekolah masing-masing.

Pengawas SD Kecamatan Pasirjambu H. Cuandi S.Pd didampingi pengawas Hj.Imas Sumantarja,S.Pd mengungkapkan 1550 orang siswa yang akan ikut USBN terdiri dari 799 peserta laki-laki dan 751 peserta perempuan dari 43 SD di korwil Kecamatan Pasirjambu.

Menurutnya, sejak awal Maret para siswa kelas VI tersebut telah mengikuti uji coba ujian untuk mata pelajaran yang akan diujikan. Selain itu, telah dilaksanakan pemantapan agar para siswa siap menghadapi ujian.

“Try out dilaksanakan untuk mematangkan siswa menghadapi USBN untuk tiga mata pelajaran yang diujikan,” ujarnya, saat ditemui di kantirnya, Senin (18/3). Ditengah persiapan USBN, pihaknya meminta agar orang tua siswa memantau anak jelang ujian.

Koordinator Wilayah (Korwil) Kecamatan Pasirjambu, Dodi Rodiana SPd.SD. MM.Pd

Menurutnya, pantauan dilakukan dengan mengecek kesehatan anak, pendampingan saat anak belajar hingga diharapkan anak tidak terus bermain telepon genggam. Pihak sekolah pun ia mengatakan terus berusaha mempersiapkan anak agar siap ujian.

“Peran orangtua sangat penting mendampingi anak saat belajar dan memperhatikan kesehatan anak,” ungkapnya. Dirinya menambahkan,
mata pelajaran yang diujikan adalah Bahasa Indonesia, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

Selain itu, H. Cuandi S.Pd mengatakan penyimpanan soal ujian ditempatkan di kantor korwil. Kemudian, distribusi soal akan dilakukan pada hari ujian. Sedangkan untuk sekolah yang memiliki jarak jauh akan tetap dilaksanakan pada hari ujian. Sebab domisili kepala sekolah dekat kantor korwil.

Ia pun mengatakan, jumlah pengawas USBN SD di korwil Pasirjambu sebanyak 196 orang dengan jumlah 98 ruang. Dengan masing-masing ruangan sebanyak 20 peserta dan diawasi oleh dua orang pengawas.

Sementara itu, Koordinator Wilayah (Korwil) Kecamatan Pasirjambu, Dodi Rodiana SPd.SD. MM.Pd berharap pelaksanaan USBN tingkat SD berjalan lancar dan siswa berhasil. “Semoga pelaksanaan USBN dapat berjalan lancar dan nilai yang diperoleh siswa sesuai harapan,” imbuhnya.

Masih kata Dodi pelaksanaan USBN tahun ini lebih cepat dibandingkan tahun kemarin. USBN digelar 22-24 April 2019 bersamaan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Nasional Kertas dan Pensil (UNKP) tingkat SMP.

Kepala Sekolah SD Negeri Kutawaringin Hj. Rina Rinarti S. Pd yang diwakili guru kelas VI Oma Safaat mengungkapkan pihaknya mempersiapkan peserta didik untuk siap mengikuti USBN. Dengan cara melaksanakan dua kali uji coba ujian (try out).

Menurutnya, penyelenggaraan USBN akan dilaksanakan mandiri meski hanya 15 orang peserta ujian. Sebab sekolah yang SDN Kutawaringin sudah terakreditasi A. Terkait soal ujian, menurutnya pihaknya akan langsung mengambil ke kantor korwil di jalan Cisondari, kecamatan Pasirjambu. ( Lily Setiadarma)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *