Hari ini, Hari Film Nasional dan 100 Tahun Usmar Ismail

oleh -0 views
usmar Ismail

JAKARTA (Kontroversinews.com) – Hari ini, 30 Maret diperingati sebagai Hari Film Nasional (HFN). Perayaan Hari Film Nasional ke-71 di tahun ini, bertemakan “100 Tahun Usmar Ismail.” Apa saja yang sudah diketahui dari tanggal 30 Maret ini? Berikut beberapa fakta informasi yang berhasil dihimpun dari berbagai sumber.

Kenapa 30 Maret?

Setelah melalui perdebatan panjang untuk menentukan tanggal, akhirnya 30 Maret ditetapkan oleh Dewan Film Nasional dan disahkan melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 25 tahun 1999 oleh BJ Habibie, 29 Maret 1999. Ini merupakan hari pertama pengambilan gambar film Darah dan Doa atau The Long March of Siliwangi karya Usmar Ismail. Dan menjadi pertama kalinya film dibuat orang dan perusahaan asli Indonesia.

Bapak Perfilman Nasional

Dikutip dari laman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Usmar Ismail (Perfini) dan Djamaludin Malik (Persari) diangkat sebagai Bapak Perfilman Nasional. Sebagai sosok penting dalam dunia perfilman, nama Usman Ismail juga diabadikan menjadi nama gedung perfilman di daerah Kuningan, Jakarta Selatan.

Peringatan 100 tahun Usmar Ismail

Tahun ini dengan mengusung tema “100 Tahun Usmar Ismail”, HFN menjadikan hari ini sebagai momentum bersejarah untuk mengenang karya Usmar Ismail sebagai bapak Perfilman Indonesia. Dari laman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, beberapa film karya Usmar Ismail juga disebutkan bisa dinikmati dari tanggal 26 hingga 30 Maret 2021 secara daring.***AS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *