Oktober 17, 2019

Sebagian Pedagang Pakaian Batik Belum Terima Dampak pada Hari Batik Nasional

Sebagian Pedagang Pakaian Batik Belum Terima Dampak pada Hari Batik Nasional

SOREANG | Kontroversinews – Sebagian pedagang pakaian batik di Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat merasa tidak menerima dampak dari adanya Hari Batik Nasional. Mereka mengaku tidak mendapatkan untung lebih dari perayaan tahunan yang sudah berlangsung beberapa tahun terakhir.

“Biasa aja, gak meningkat. Beda kayanya di Kota Bandung,” ujar Doni Saputra (33), salah seorang pegawai toko batik di Pasar Soreang, Rabu (2/10). Menurutnya, animo masyarakat di wilayah Kabupaten Bandung relatif biasa saja terhadap perayaan tersebut.

Ia mengungkapkan, pada Selasa (1/10) malam hanya sebagian anak-anak sekolah yang membeli batik kemeja untuk keperluan di sekolah. Sedangkan, masyarakat atau PNS relatif jarang membeli batik. Menurutnya, jika ramai dalam satu pekan terakhir pasti sudah terlihat.

Dirinya mengatakan adanya surat edaran menteri agar instansi memakai batik pun tidak berpengaruh kepada pendapatan toko. Doni mengaku pembeli batik di hari batik relatif normal dan tidak terlalu ramai atau menurun.

“Kalau pemerintahan pas ada acara aja belinya,” ujar Doni yang menjual batik print dengan harga Rp 45 ribu hingga Rp 125 ribu yang diperoleh dari Solo.

Salah seorang penjual batik di Sinar Mukti, Farid Husein (38) mengungkapkan hal serupa. Menurutnya, Hari Batik Nasional tidak berpengaruh terhadap penjualan batik atau konsumen yang hendak menjahit batik.

Dirinya mengungkapkan, penjualan batik atau yang menjahit ramai saat ada acara pernikahan. Menurutnya, kain batik yang dijualnya plus jahit dibanderol dari Rp 300 ribu hingga Rp 600 ribu. Menurutnya, terdapat konsumen yang membawa batik sendiri dengan nilai jual yang tinggi.

“Kalau batik mah turun naik (penjualan). Tidak stabil, bagusnya di acara hajatan (pernikahan). Soalnya banyak orang sudah punya batik,” katanya. (Lily Setiadarma )

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *