Rapidin Tabur Ikan di Pea Silengge

oleh -118 Dilihat
oleh

Samosir | Kontroversinews.-Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon, MM memonitoring sejumlah proyek pembangunan di Kabupaten Samosir, 03/10/18.

Didampingi Kadis PUPR Pantas Samosir, Kadis Lingkungan Hidup Sudion Tamba, Plt. Kadis Kominfo Rohani Bakara,  Kabag Pembangunan Saipul Situmorang, Kabag Humas dan Kerjasama Siswanto Sinambela, Bupati Samosir meninjau penataan jalan aek rangat (hotspring) Pangururan, Lanjutan Peningkatan jalan Pangururan-Lumban Sihombing, peningkatan jalan Sabungan Nihuta-Paraduan dan Peningkatan Jalan Pintu Batu-Parmonangan (hotmix).

Bupati Samosir mengharapkan pekerjaan dapat selesai tepat waktu dengan kualitas yang baik dan sepanjang jalan yang sudah dihotmix agar dibersihkan pinggiran-pinggiran atau tepi jalan sehingga lebih rapi dan bagus lagi. Proyek pembangunan yang dimonitoring masih dalam tahap pengerjaan.

Untuk pembangunan yang berkelanjutan, Rapidin Simbolon menghimbau agar masyarakat Samosir turut berpartisipasi dengan melepaskan lahannya, jangan selalu mengharapkan ganti rugi, karena memang untuk ganti rugi tidak ada dari Pemerintah Kabupaten Samosir.

Jalan Sabungan Nihuta-Paraduan dengan jarak sekitar 4 KM ¬akan dibangun secara bertahap, asalkan masyarakat bersedia membebaskan lahan. “Dengan pembangunan jalan yang bagus, masyarakat disini akan lebih makmur dan lebih gampang untuk mengangkut hasil pertaniannya”, kata Rapidin kepada salah satu warga Desa Sabungan Nihuta.

Disela-sela monitoring, Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon, MM menabur 8000 ekor ikan tawes di Pea Silengge Desa Huta Tinggi Kecamatan Pangururan bantuan dari Dinas Pertanian Propinsi Sumatera Utara. Melihat kondisi Pea Silengge yang lumayan luas, Rapidin Simbolon menyarankan agar Kepala Desa menjadikan Pea Silengge sebagai Badan Usaha Milik Desa (BUMdes) dengan memanfaatkan pea tersebut sebagai tempat untuk memancing. Seperti diketahui, bahwa pea (kolam) tersebut merupakan milik masyarakat dan sudah pernah dijadikan tempat memancing dengan memungut biaya dari masing-masing pemancing dan hasilnya memang ramai.

Sebagai bentuk dukungan untuk pengembangan Pea Silengge, Bupati mengatakan akan dating kembali untuk menabur bibit ikan dan membangun Dyk dari APBD Kabupaten Samosir yang  seterusnya kepala desa melanjutkan dengan menggunakan ADD. Kepala Desa Huta Tinggi, Kornel Naibaho menyampaikan rasa terima kasih atas perhatian Pemkab Samosir kedaerahnya. “Usul yang diberikan Bupati Samosir akan kami rembukkan bersama masyarakat dan menjadi prioritas utama bagi kami” Kata Kornel.(ps)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *