Pemerintah Kabupaten Samosir Lauching One Day No Rice.

oleh -0 views

Samosir | Kontroversinews.-Pemerintah Kabupaten Samosir melaunching One Day No Rice (Satu Hari Tanpa Nasi) oleh Wakil Bupati Samosir, Juang Sinaga, disertai Plh. Sekda, para asisten, pimpinan SKPD, camat, pengurus PKK dan jurnalis,jumat 20/9/2019 di Aula Kantor Bupati Samosir.

Dalam laporannya, Kadis Ketahanan Pangan, Amon Sormin, menyampaikan bahwa One Day No Rice merupakan implementasi Perpres Nomor 22 Tahun 2009 tentang Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan Berbasis Sumber Daya Lokal yang ditindaklanjuti oleh Surat Bupati Samosir melalui suratnya Nomor 2922 Tahun 2019. “Upaya ini juga dimaksudkan untuk memberhasilkan diversifikasi pangan melalui pola makan sehari-hari,” tambahnya.

Di samping itu, Juang Sinaga, mengapresiasi kegiatan ini yang merupakan satu inovasi dan perlu ditindaklanjuti oleh SKPD dan jajarannya pada hari yang ditetapkan dan akhirnya diikuti oleh masyarakat Samosir secara umum. “Di samping itu One Day No Rice juga sesuai dengan kesehatan yaitu menghindari penyakit gula secara dini,” terangnya.

Pada kesempatan yang sama, Nimpan Karokaro, Kadis Kesehatan, juga menyampaikan bahwa tingkat konsumsi karbohidrat masyarakat Samosir lebih tinggi daripada masyarakat daerah pulau Jawa. “Kita perlu menyampaikan ini kepada masyarakat dan berharap terjadi pola makan dengan kadar karbohidrat yang rendah melalui One Day No Rice,” ungkapnya.

Acara lauching itu disertai pembacaan danĀ  penandatanganan komitmen One Day No Rice di lingkungan SKPD oleh para pimpinan SKPD yang diakhiri dengan makan berbahan ubi yang disajikan oleh Dinas Ketahanan Pangan dengan swadana.(ps)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *