Oktober 17, 2019

Dalam Satu Hari Sembilan Peristiwa Kebakaran Semak Belukar

Dalam Satu Hari Sembilan Peristiwa Kebakaran Semak Belukar
Photo Credit To Kebakaran semak belukar atau lahan pohon bambu milik warga sekitar Kampung Batu karut RW. 02 Desa Cikoneng Kecamatan Pasirjambu Kabupaten Bandung.

SOREANG | Kontroversinews – Sembilan peristiwa kebakaran yang melanda semak belukar dan rumah tinggal terjadi di Kabupaten Bandung dalam satu hari ini, Sabtu (05/10). Sembilan yang terbakar adalah kebanyakan semak belukar , rumah tinggal dan kios gula di Jalan Timur Pasar Sabilulungan, Kecamatan Cicalengka.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bandung, Sembilan lokasi kebakaran itu, rumah tinggal di Kampung Sadang Desa Neglasari Kecamatan Majalaya , kios gula di Jalan Timur Pasar Sabilulungan Kecamatan Cicalengka dan semak belukar di Kecamatan Cileunyi.

Kebakaran semak belukar juga terjadi di Kampung Batukarut Desa Cikoneng Kecamatan Pasirjambu, Kebakaran juga melalap semak belukar di dekat Kantor PLN, Desa Cikalong Kidul, Kecamatan Pangalengan, api sempat dipadamkan. Tapi kembali kembali berkobar.

Kemudian api membakar semak belukar di sekitar Perumahan Graha Rancamanyar Kecamatan Margahayu , semak belukar di Perumahan GBI Kecamatan Bojongsoang, dan semak belukar di Cijapati Kecamatan Cikancung. Tidak ada korban luka dan korban jiwa dalam kebakaran yang terjadi mulai sekitar pukul 09.00 hingga 16.00 WIB itu.
“Begitu juga kerugian finansial belum bisa kita prediksi,” ujar salah seorang petugas Damkar Kabupaten Bandung, Bima kepada wartawan di Mako Disdamkar, Sabtu (5/10/2019).

Tentang kebakaran hutan dan lahan (karhutla), menurut Bima, kewenangan penangannya ada di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung. Tugas Damkar, lanjut dia, di perkotaaan dan desa yang tidak membutuhkan fasilitas.
Peristiwa jarang, di Kabupaten Bandung, terjadi kebakaran hingga sembilan kali pada hari ini. Kebakaran didominasi oleh terbakarnya semak belukar, Katanya

Sementara menurut Kapolsek Pasirjambu AKP Septa Firmansyah SH,Sik , mengatakan telah terjadi kebakaran semak belukar atau lahan pohon bambu milik warga sekitar Kampung Batu karut RW. 02 Desa Cikoneng Kecamatan Pasirjambu Kabupaten Bandung.

Menurutnya luas lahan yang terbakar di Kampung tersebut tidak kurang dari 7 hektar , api disinyalir mulai terjadi sekitar jam 10:00 wib, dan sekitar jam 18.00 api baru bisa dipadamkan sekitar jam 18:00 wib. ” Saat tiba di lokasi, anggota polsek Pasirjambu beserta jajaran , anggota FKPM, TNI dan dibantu Dua armada Pemadam Kebakaran Kab. Bandung melakukan proses pemadaman dan penyekatan api agar tidak meluas menambah kerugian,” Ujar AKP Septa melalui pesan aplikasi WhatsApp, Sabtu ( 5/10/2019).

Dia menambahkan, pihaknya mengimbau masyarakat agar tetap berhati-hati dan mewaspadai potensi kebakaran. Selain itu diharapkan tidak melakukan pembakaran pada sembarang tempat.
( Lily Setiadarma )

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *