Februari 28, 2020

SMPN 1 Pasirjambu Siap Hadapi UNBK Mandiri

SMPN 1 Pasirjambu Siap Hadapi UNBK Mandiri
Photo Credit To Gedung SMPN 1 Pasirjambu Desa Pasirjambu Kecamatan Pasirjambu Kab. Bandung

PASIRJAMBU  | Kontroversinews – SMPN 1 Pasirjambu mengklaim telah siap melaksanakan UNBK secara mandiri. Segala persiapan bahkan telah disiapkan jauh-jauh hari. Seperti pengadaan laptop untuk digunakan oleh 402 siswanya.

Kepsek SMPN 1 Pasirjambu Drs .H. Nandang Komara MMPd, menuturkan, sejauh ini pihak sekokah sudah mengumpulkan 100 unit laptop untuk pelaksanaan UNBK.
“Pengadaan ini berasal dari para guru SMPN 1 Pasirjambu, PKBM, dan pihak ketiga yang mendukung terselenggatanya UNBK ini secara mandiri,” kata H. Nandang, Senin ( 27/1/2020 ).

Pengadaan laptop untuk UNBK itu, kata dia, dikarenakan fasilitas komputer di SMPN 1 Pasirjambu hanya memiliki 20 unit saja. Tentunya, kata dia, jumlah itu tidak cukup.

Kepsek SMPN 1 Pasirjambu Drs. H. Nandang Komara MMPd

Menurut dia, rencananya pelaksanaan UNBK sendiri akan dilaksanakan SMPN 1 Pasirjambu di empat ruangan dengan sistem tiga sesi. Untuk pelaksanaannya, ada empat server yang telah disiapkan dan satu server cadangan.”Untuk listrik sendiri sudah disiapkan. Jadi nanti saat pelaksanaan kalau ada mati listrik sudah bisa diantisipasi,” ucapnya.

Menurut H. Nandang, simulasi pelaksanaan UNBK juga akan dilalukan. Hal ini bertujuan agar siswa tidak kaku saat pelaksanaan di hari H.
“Pemantapan juga kami lalukan. Persiapan lain yaitu implementasi e-Learning berbasis anderoid untuk ulangan harian dan UAS,” kata dia.

Menurut dia, program e-Learning tersebut dilakukan karena mengikuti instruksi dari Disdik Kabupaten Bandung. Sehingga, saat pelaksanaan UNBK, siswa SMPN 1 Pasirjambu sudah terbiasa.

Selain itu, pelaksanaan UNBK juga akan diikuti oleh SMP terbuka yang tersebar di 4 Tempat Kegiatan Belajar (TKB) yang menginduk ke SMPN 1 Pasirjambu.
“Totalnya ada 80 siswa. Itu dari TBK Culamega, Parangong, Patuha, dan Dewata,” kata H. Nandang

Meski lokasi TKB jauh dari sekolah Induk, namun hal itu tidak menjadikan masalah. Untuk persiapannya sendiri, para guru akan jemput bola melakukan bimbingan dan pemantapan.
“Untuk pelaksanaan UNBK, para siswa dari 4 TKB itu akan diboyong ke SMPN 1 Pasirjambu. Kami sediakan fasilitas menginapnya,” kata dia.

H. Nandang berharap, pelaksanaan UNBK ini bisa berjalan lancar dan sukses tanpa ekses. Pihaknya juga berharap para orang tua siswa ikut mendorong dan menyemangati anak-anaknya agar bisa sukses mengikuti UNBK kali ini. (Lili Setiadarma ).

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *