Agustus 25, 2019

Oknum Ninik Mamak ABD Musa dan Jajarannya Melakukan PUNGLI Liar di Desa Kualu

Oknum Ninik Mamak ABD Musa dan Jajarannya Melakukan PUNGLI Liar di Desa Kualu

Pekanbaru | Kontroversinews.-Oknum Ninik Mamak ABD Musa dan Jajarannya serta Ketua Pemuda Irwan. Melakukan PUNGLI Liar di Desa Kualu. Kecamatan Tambang. Kabupaten Kampar ( Bangkinang ). Pada setiap Truk yang bermuatan pasir dipungut bayaran Ribuan Rupiah. Alasannya untuk perbaikan JL. T .Tambusai . masalah ini telah dilaporkan ke Satuan Tugas . Sapu Bersih Pungli ( Posko ) Pemerintah Kabupaten Kampar.

Hasil Invetigasi dilapangan, dimana para supir truk resah dengan adanya PUNGLI Liar tersebut. Yang mana setiap truk yang  lewat dikenalkan bayar Rp. 3.000 ( Tiga Ribu Rupiah ). Cek Ricek dilakukan dari masyarakat yang tak mau disebut jati dirinya membenarkan kejadian itu, ini udah jelas PUNGLI ujarnya , mana ada Pos TPR ( Tanda Pembayaran Distribusi ) lagi. Yang jelas yang meperbaiki jalan T.Tambusai Pemerintah Kabupaten Kampar yang di kerjakan oleh PT.   tak ada mereka yang memperbaiki jalan dasarnya  diajak masyarakat menutup jalan itu, ketika itu jalan tutup dan dibawak rapat di MUSOLLA dekat kantor Desa, maka diperbaiki jalan oleh pengusaha dengan biaya perbaiki jalan Rp 35.000 ( Tiga Puluh Lima Juta Rupiah ) ditimbun pakai sirtu dari Lipat Kain . dan dibuat dalam keputusan rapat perbulan orang pengusaha per Ponton membayar Rp 500 ( Lima Ratus Ribu Rupiah ) dan persetujuan ini tidak jalan , lalu dibuka Pos tersebut dan saya ( Nara Sumber ) di panggil oleh Bukari yang menjabat sebagai Sekcam dikantor Desa disuruh buka Pos tetapi harus Nara sumber mengelolah , lalu Nara Sumber mengatakan taka da masalah ,kemudian diadakan rapat di Kantor Desa hasil rapat untuk jalan perbulannya Rp.5.000,. ( Lima Juta Rupiah ) dia ada Rp 11.000.000 ( Sebelas Juta ) yang Rp 6.000 ( Enam Juta ) itu dibagi 4 buah Dusun. Antara lain. Dusun Tanjung Kudu. Dusun kualu 2 dan disuruh saya ( Nara Sumber ) mengelolah disuruh saya cari dana Rp 15.000.000 ( Lima Belas Juta ) Perbulan. Untuk jalan Rp 5.000 ( Lima Juta ) dan untuk Dusun perdusun Rp 6 .000 ( Enam Juta ) berarti Rp 1.500.000 perdusun , sesudah itu Ninik Mamak Musa Rp.1.500.000 ( Satu Juta Lima Ratus Rupiah ) wali Rp 1.000.000 ( Satu Juta Rupiah ) ketua BPDnya Rp.500 ( Lima Ratus Ribu Rupiah) dan Ninik Mamak Musa Rp 1.500.000 ( Satu Juta Lima Ratus Rupiah ) .

Jadi sudah sampai 5 Bulan saya mengelolah dimana ini udah mulai lancer,kalau dulu waktu baru baru setiap hari mau kelahi terus taka da yang mau membayar , sekarang tak ada masalah, tau tau diambil alih ketua pemuda yang namanya Irwan Budiana dan permintaan saya ( Nara Sumber ) jangan libatkan saya kalau apa yang terjadi. Setoran setiap bulan jangan tak dikasih uyarnya. Irwan mengatakan kesanggupannya.

Yang anehnya ini masih terus berjalan sementara izin TPR tidak ada dan tak ada yang berani mengeluarkan izinnya .Ujar Nara Sumber dan ini jelas jelas mereka memungut uang dengan sopir truk di persimpangan SMP . Dan begitu juga mengenai Tambang Galian C tanpa mempunyai izin berjalan terus sampai sekarang. Dan Nara Sumber mengatakan pesan ABD Musa kalau ada wartawan yang datang menanyakan PUNGLI tersebut suruh jumpai saya sambil memberikan nomor hp Musa. Musa ketika dihubungi di ponselnya nenyuruh datang kesekolah MDA Kualu yang mana beliau sebagai tenaga pengajar di Sekolah. Dan ketika ditanya tentang adanya PUNGLI Liar beliau mengatakan dananya digunakan untuk kegiatan kegiatan perayaan 17 Agustus kilahnya . Wartawan balik bertanya apakah ini tidak salah membuat peraturan sendiri mengadakan PUNGLI Liar , Musa diam dan tak berkutik sembari meminta nomor hp wartawan.

Data yang diperoleh adanya . Berita Acara Kesepakatan Sumbangan Jalan.T. Tambusai. Bunyinya pada hari Rabu tanggal Dua Belas Bulan Desember Tahun Dua Ribu Delapan Belas Pukul 10.00 Wib bertempat Kantor Kepala Desa Kualu yang dihadiri oleh seluruh Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pemuda ( Daftar hadior Terlampir ) dan sepakat secara musyawarah dengan keputusan sebagai berikut.1 Seluruh Tokoh menyetujui meminta sumbangan mobil colt diesel bermuatan yang melewati Jalan T. Tambusai Desa Kualu.

Yang mana sistim pembagian yaitu 50% untuk perawatan jalan yang rusak dan 50% untuk dana social yang dibagikan, Dusun 1 ( 1 bahagian ) Dusun II dan Dusun IV ( 1. Bahagian ) Dusun III D. (1.bahagian ) . Pengelolahan berkewajiban menyerahkanm dana Rp 10.000.000 ( Sepuluh Ribu Rupiah / 1. Bulan kepada 3 Kampung yang dibagi menjadi 2 yaitu Rp.5.000.000 ( Lima Juta Rupiah ) untuk dana social Rp 5.000.000 ( Lima Juta Rupiah ) untuk perawatan jalan.

Ini dulu, sewaktu jalan betul betul parah. Sekarang jalan udah bagus diperbaiki Pemerintah Kabupaten Kampar yang dikerjakan oleh PT. LUTVINDO WIJAYA PERKASA  . Kok PUNGLI Liar terus berjalan sampai sekarang dana yang dipungut dibagi bagi para pelaku PUNGLI Liar tidak untuk kepentingan masyarakat setempat.

Humas Kapolres Kampar Denny ketika dijumpai diruang kerjanya menerima laporan pres dan mengatakan masalah ini , tak ada para sopir yang mau melaporkan hal tersebut, masalah ini banyak kejadian disini dengan nada tak bersahabat, sementara hal PUNGLI Liar ini dilaporkan agar dapat ditindak lanjuti, kalau udah resah masyarakt untuk apa kita laporkan ke yang berwajib dengan rasa kesal kami balik pulang ke Pekanbaru.

Ditempat terpisah kami mencoba melaporkan hal tersebut ke Pemerintah Kabupaten Kampar. Yakni Satuan Tugas. Sapu Bersih Pungli ( Posko ) yang diterima oleh Mansyur sebagai Seketaris menerima laporan dan akan memberi kabar pada pelapor nantiknya dan minta terima kasih atas laporannya kepada wartawan. (Parlin)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *