Maret 24, 2019

BPN Kab Bandung Launching PTSL di Wisma Haji Soreang

BPN Kab Bandung Launching PTSL di Wisma Haji Soreang

Kab Bandung | Kontroversinews.-Launching Program Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL)  Kab Bandung ,dengan melakukan pelantikan Satuan Tugas (Satgas) sebanyak 16 Kecamatan dari 29 desa yang tersebar  di wilayah Kab Bandung, di wisma Haji Soreang, serta hadir pula Jajaran pejabat BPN Kab Bandung yang terlibat didalam PTSL .

Dikatakan Kakanwil Jabar, Yusuf Purnama SH.MH ,Pemerintah menargetkan pelayanan sertipikat tanah gratis atau program PTSL di tahun 2019 sebanyak 9 juta bidang dan untuk di Jabar ,wilayah Badan Pertanahan Nasional (Kanwil Jabar ) menargetkan 12.25 000 bidang .

Tambah Yusuf ,jumlah bidang PTSL tersebut akan diselesaikan pada bulan Oktober 2019 sedangkan untuk pengukuran ditargetkan selesai bulan Juli ,untuk target dari awal dj Jabar 1205.000 ada penambahan 20 ribu menjadi 1225.000.

“Kami targetkan paling lambat selesai bulan oktober dengan target pengukuran selesai bulan Juli jumlah ini lebih rendah dari tahun lalu yang mencapai 1270.000.”

Sedangkan menurut Kakanwil saat didamping Kepala Kantor BPN Kab Bandung Atet Gandjar Muslihat ,untul PTSL Kab Bandung tahun ini sebanyak 75 ribu bidang dengan pengukuran dibagi tiga yakni 35 ribu oleh pengukur ASN dan yang 30 ribu bidang oleh pihak ke tiga dengan kontrak surveyor berlisensi dan 10 ribu bidang melalui partisipasi masyarakat .

Harapan kedepan peran serta bantuan dari Pemda Kab /kota termasuk kecamatan dan desa karena BPN tidak berjalan dan bekerja sendiri,bukti tanah yang sah secara hukum dan di akui pemerintah dapat di buktikan dengan adanya dokumen sertipikat tanah dan sertipikat sendiri akan terbit melalui pendaftaran tanah.

Dengan adanya jaminan kepastian hukum tidak ada lagi sengketa dan tumpang tindih dan tidak ada lagi tanah yang tak bertuan,” pungkasnya

Ditambahkan Kepala Kantor BPN Kab Bandung ,Atet Gandjar Muslihat ,tahun ini menargetkan 75ribu bidang melalui program PTSL sebanyak 75ribu,PTSL ini terbagi 16 kecamatan dan 28 desa di Kab.bandung,kecamatan yang mendapatkan program PTSL yaitu Kec.Pasirjambu,Ciwidey,Rancabali,ibun,ciparay,kutawaringin,Pameungpek,Pacet,Cikancung,Arjasari,Cicalengka,Majalaya,Pangalengan,Solokan Jeruk dan Soreang

“Di tahun 2018 kemarin, program PTSL Kab.Bandung sebanyak 60ribu,yang selesai bersertipikat 43ribu,sisanya k3 mereka banyak kepemilikan di luar kota,”tegasnya. (Mindra ) 

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *