Juli 17, 2018

Siraman Sauce Mas Barep Bikin Gahar Dilidah

Siraman Sauce Mas Barep Bikin Gahar Dilidah
Photo Credit To Pengelola rumah makan sea food Mas Barep, Rizkia Herdiani Agatha bersama Marcomm Manager Miko Mall, Dedeh Kuswandini , memperkenalkan menu sea food Mas Barep.

Bandung | Kontroversinews.- Berbuka puasa dengan makanan laut (sea food) bisa menjadi salah satu pilihan. Rasa gurih, pedas, manis, gurih dan gahar terasa dilidah bisa dirasakan saat menyantap sea food Sauce Padang yang menjadi salah satu menu favorit para pengunjung saat berbuka puasa maupun acara arisan, ulang tahun, kumpul-kumpul keluarga di rumah makan sea food Mas Barep di Jalan Raya Surya Soemantri Kota Bandung.

Menyantap hidangan sea food bisa menjadi pilihan yang menarik saat berbuka puasa. Misalnya sajian Sauce Padang, yakni udang, cumi, kerang hijau, kerang dara, jamur kancing, jagung manis ditambah kepiting. Aneka bahan makanan yang telah direbus itu, ditumis dan disajikan dengan siraman sauce Mas Barep yang menjadi ciri khas dari rumah makan sea food tersebut. Saus di tempat ini terdapat beberapa varian diantaranya adalah saus Padang, saus tiram, saus mentega dan lainnya.

Dari sekian varian saus itu, saus Padang yang rasanya gurih pedas menjadi salah satu favorit para pengunjung di tempat ini. Memang saus Padang adalah salah satu menu andalan dan menjadi salah satu ciri khas rumah makan ini. Karena disajikan tanpa piring, melainkan bancakan dengan selembar plastik yang diamparkan diatas meja.

“Rasanya enak, beda sekali dengan sea food yang pernah saya coba. Ini ada rasa manis, gurih dan pedasnya, penyajiannya juga unik bancakan diamparkan diatas meja. Pas sekali dimakan saat buka puasa, rasanya gahar, sedap dan bikin ketagihan,”kata Ismayati (29) salah seorang pengunjung yang tengah berbuka puasa di tempat itu,Minggu (10/6/18).

Selain menu sauce Padang, masih banyak menu lainnya yang bisa menjadi pilihan pengunjung di tempat ini. Namun pastinya menu di tempat ini hampir 90 persen adalah sea food alias aneka makanan berbahan ikan dari laut. Tapi pengunjung juga bisa menyantap ikan nila air tawar yang digoreng atau dibakar kemudian disiram dengan aneka saus khas  rumah makan Mas Barep ini.

Sejumlah pengunjung saat berbuka puasa di rumah makan sea food Mas Barep di Jalan Raya Surya Soemantri Kota Bandung.

“Ciri khas kami selain penyajiannya bancakan pakai plastik. Juga pada beberapa saus yang khusus diracik sendiri. Rasa saus Mas Barep inilah yang menjadi ciri khas dan disukai oleh pengunjung. Memang menu favorit saat buka puasa pengunjung kebanyakan yah pesan Sauce Padang, karena rasanya gurih pedas membuat nafsu makan kuat dan badan menjadi segar setelah seharian berpuasa,”kata pengelola rumah makan sea food Mas Barep, Rizkia Herdiani Agatha.

Rizkia menjelaskan, rumah makan yang dikelolanya itu menjual beragam menu makanan laut. Kata dia, jika kebanyakan rumah makan sea food dengan cari digoreng, sedangkan ditempatnya lebih dulu direbus dengan aneka bumbu. Kemudian ditumis dan bubuhi saus sesuai selera pengunjung. Dengan direbus lebih dulu, tentunya rasa lebih meresap dan berasa.

Jika biasanya makanan laut atau sea food itu identik dengan mahal, tidak demikian dengan di tempatnya itu. Rata rata menu sea food ditempatnya dijual dari mulai harga Rp 30 ribu hingga Rp 100 ribu untuk menu bancakan yang bisa disantap oleh tiga hingga empat orang. Karena harganya terjangkau, rumah makan yang merupakan cabang dari Jalan Lurah dan Jalan Ciawitali Kota Cimahi ini selalu ramai diserbu pengunjung. Apalagi saat buka puasa, untuk bisa menikmati gurihnya saus Padang khas rumah makan ini, tak sedikit pengunjung yang rela antre menunggu giliran untuk mendapatkan tempat duduk.

“Kenapa namanya Mas Barep, dalam bahasa Jawa Barep artinya anak pertama. Tapi kami semua bukan dari Jawa, tapi dari Cimahi. Dulu kan di TVRI ada sinetron yang salah satu lakonnya bernama Mas Barep. Kemudian anak anak pegawai disini suka bercanda kepada salah seorang dari mereka yang dibilang “Dasar si Mas Barep,” yah jadilah nama itu kami pakai untuk nama rumah makan sea food ini,”ujarnya. (Lily Setiadarma).

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *