Pemkab Rohil Wajibkan ASN Beli Beras Lokal

oleh -182 Dilihat
oleh

Rokan Hilir, Riau | Kontroversinews.- Pemkab Rokan Hilir (Rohil), Provinsi Riau sedang menggalakkan program mewajibkan aparatur sipil negara (ASN) didaerah itu untuk membeli beras lokal asli dari petani setempat.

“Mengenai beras lokal kita sudah support Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian setempat agar bagaimana bulan ini juga hingga selanjutnya ada sampel untuk penggunaan beras lokal. Karena kita sangat mendorong ASN khususnya di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) untuk membeli beras tersebut,” ujar Kepala Bappeda Rohil, HM Job Kurniawan di Bagansiapiapi, Kamis.

Untuk tahap awal, ujar dia pihaknya akan mencoba mendata berapa jumlah pegawai yang ingin membeli beras asal Kabupaten Rohil tersebut.

“Misal 250 kilo perbulan dan kita akan ambil dari dinas terkait,” katanya.

Menurutnya, beras hasil petani itu harus dibeli oleh ASN dilingkungan Pemkab Rohil. Bahkan para Camat maupun masyarakat saat ini juga sudah mulai membeli beras tersebut.

“Program ini dilakukan supaya petani kita tidak lagi tergantung dari riba dan sebagainya sehingga mereka bebas jual. Dimana beras jual mahal disitu pula mereka bebas menjualnya,” katanya pula.

Sejauh ini terangnya sudah ada yang menampung dan mensupport beras tersebut yakni Dewan Masjid Indonesia (DMI) Rohil, Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, serta Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian setempat. Dia berharap ada kerjasama bersama.

“Untuk harga jual sementara perkilonya Rp11.000. Jadi kalau dalam bungkusan lima kilogram harganya Rp55.000 perbungkus. Kalau bungkusnya 10 kilogram berarti Rp110.000 perbungkus,” kata Job Kurniawan.

Sumber: antara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *