Juli 24, 2018

Minggu Terakhir Libur Lebaran Masih Dimanfaatkan Wisatawan

Minggu Terakhir Libur Lebaran Masih Dimanfaatkan Wisatawan
Photo Credit To Arus lalulintas di jalur wisata Bandung Selatan khususnya jalur Ciwidey-Rancabali Kabupaten Bandung, hingga H+7 libur lebaran, Sabtu (23/6/2018) terpantau lancar. Hingga H+7 sejumlah objek wisata Bandung Selatan masih ramai dikunjungi wisatawan lokal dan daerah lain di Jawa Barat. Photo Kontroversinews /Lee.

CIWIDEY | Kontroversinews.- Minggu terakhir libur lebaran masih dimanfaatkan sejumlah wisatawan untuk menghabiskan libur panjang mereka di sejumlah objek wisata di Bandung Selatan Ciwidey Kabupaten Bandung. Hingga H+7 libur lebaran, Sabtu (23/6/2018) arus lalulintas di jalur wisata Ciwidey terpantau lancar.

Kepala Pos Pengamanan Kawah Putih sekaligus Kapolsek Ciwidey AKP Dwi Nugroho Saputro menuturkan hari ini dan besok diprediksi menjadi puncak akhir arus wisata libur lebaran di wilayah selatan Ciwidey. Terutama bagi warga lokal yang melakukan mudik panjang dan belum melakukan wisata.


Kepala Pos Pengamanan Kawah Putih.  AKP Dwi Nugroho Saputro

“Kami predisksi besok hari dan hari ini puncak akhir libur panjang lebaran. Pantauan dari pukul 07.00 pagi hingga siang ini, kami pantau terus dari mulai Exit Tol Soroja arus menuju kawasan Rancabali terpantau tidak terlalu ramai dan masih lancar,” tuturnya di Pospam Kawah Putih Ciwidey, tadi siang.

Dwi menuturkan dibandingkan minggu lalu jumlah volume kendaraan yang masuk ke jalur wisata Rancabali/Ciwidey ini sudah turun hingga 50 persen. Hingga H+7 ini jumlah wisatawan sudah didominasi oleh wisatwan lokal, dan ada beberapa wisatwan luar daerah (Bandung, red).

“Pengalaman setiap weekend besok diprediksi masih banyak wisatawan namun tidak terlalu signifikan. Adapun lonjakan sama seperti weekend biasa. Karena besok sebagain warga sudah saatnya memilih istirahat dan bersiap-siap masuk kerja kembali di hari Senin,” katanya.

Sementara untuk antisipasi besok, pihaknya akan tetap melakukan pergelaran pasukan di sejumlah titik rawan kemacetan dan mogok kendaraan di jalur wisata Ciwidey-Rancabali. Dan menyiapkan rekayasa lalu lintas dengan menguras kendaraan dari arah atas (Kawah Putih) terutama kendaraan besar seperti bus pada pukul 15.00-16.00.

“Jadi khusus kendaraan bus besar yang berpotesnsi stuck dan deadlock di tikungan-tikungan tajam seperti di Baru Tunggul dan Tanjakan Mayor kita turunkan di pukul 15.00-16.00,” katanya.

Dikatakannya hingga besok alur lalu lintas jalur wisata Ciwidey-Rancabali ini masih memungkinkan untuk dikunjungi. Namun Dwi menghimbau kepada para pengunjung khususnya yang baru akan mengunjungi kawasan wisata Bandung selatan esok hari, untuk terus update arus lalulintas melalui media sosial maupun melalui media massa.

“Besok bisa dipertimbangkan kembali dengan memonitor arus lalulintas melalui media massa dan medsos. Bisa dijadikan acuan untuk melakukan liburan wisata ke Ciwidey besok agar tidak terjebak macet,” katanya. (Lily Setiadarma)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *