Juli 17, 2018

Kompolnas Apresiasi Kinerja Polri dalam Pam Lebaran dan Pam Pilkada

Kompolnas Apresiasi Kinerja Polri dalam Pam Lebaran dan Pam Pilkada

Kontroversinews.com – Senin kemarin (2/7) anggota Komisioner Kompolnas RI yang berjumlah 6 orang bertemu di kantor Kemenkopolhukam untuk bertemu dengan Menkopolhukam Pak Wiranto, yang juga merangkap sebagai Ketua Kompolnas. Menurut salah seorang Komisioner Kompolnas Dede Farhan Aulawi menjelaskan bahwa pertemuan di kantor Kemenkopolhukam  adalah pertemuan rutin para Komisioner Kompolnas dalam rangka halal bil halal hari Raya Iedul Fitri sekaligus rapat rutin Kompolnas.

Menurut Dede, materi pertemuan salah satunya terkait penilaian Kompolnas terhadap kinerja Polri dalam pengamanan Lebaran dan Pengamanan Pilkada serentak. Secara Objektif Kompolnas menilai bahwa kinerja Polri dalam Pam lebaran, khususnya pengamanan arus mudik dan arus balik sangat baik.

Lalu lintas relatif lancar dengan rekayasa lalu lintas dan diskresi kepolisian yang memang menjadi salah satu wewenang Polri dalam menjalankan tugasnya. “Bukan berarti tidak ada kemacetan sama sekali, karena menyangkut volume kendaraan yang setiap tahun terus bertambah sangat banyak, tetapi kemacetan tadi relatif masih teratasi dengan baik. Ini tentu tidak mudah tetapi berkat profesionalisme dan dedikasi yang luar biasa Polri tetap menjalankan tugas secara sungguh – sungguh.” ujar Dede Farhan.

Di saat orang lain libur, kata Dede, Polri tetap bertugas. Saat orang lain bertemu keluarga tercinta, Polri tetap bertugas. Itulah panggilan tugas yang melekat. Tidak semata – mata kewajiban, tetapi sudah menjadi panggilan sebuah pengabdian, ujar Dede Farhan Aulawi.

Sementara dalam pelaksanaan tugas pengamanan pilkada, Polri sudah menunjukan profesionalitas-nya dengan bersikap netral dan fokus pada tanggung jawab tugas. Kompolnas memantau kinerja Polri dalam pengamanan pilkada ini tidak hanya saat pencoblosan saja, melainkan sejak awal persiapan sudah melakukan pemeriksaan dan memberi pengarahan agar Polri tetap berjalan sesuai aturan. “Tahapan pilkada mulai dari tahap pendaftaran, masa kampanye, masa tenang, masa pemungutan dan perhitungan suara, serta pasca pemungutan terus dipantau”, katanya.

Kegiatan Kompolnas dalam melakukan supervisi pengamanan pilkada dilakukan dengan melakukan kunjungan langsung ke polda – polda atau polres – polres yang melaksanakan pilkada. Pengawasan meliputi aspek kecukupan personil (SDM) Polri, sarpras Polri juga pemenuhan anggaran yang dibutuhkan Polri dalam pelaksaan tugas pengamanan pilkada.

Termasuk masalah prosedur dan operasional di lapangan, kata Dede juga mengantisipasi jangan sampai terjadi hal – hal yang tidak diinginkan.

Dari seluruh rangkaian kegiatan tersebut, maka Kompolnas secara resmi menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi atas kinerja Polri dalam melaksanakan tugasnya secara professional, khususnya dalam tugas pengamanan Lebaran dan pengamanan pilkada serentak 2018 ini. Demikian pungkas Dede Farhan Aulawi, mengakhiri perbincangan. (gin)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *