Agustus 25, 2019

Sebanyak 22 Peserta USBN SD akan Mengikuti Ujian Susulan

Sebanyak 22 Peserta USBN SD akan Mengikuti Ujian Susulan
Photo Credit To Para Pengawas SD di Pasirjambu saat menerima hasil ujian USBN dari sekolah, di kantor Kowil Pasirjambu Kec. Pasirjambu Kab. Bandung.

SOREANG | Kontroversinews.- Sebanyak duapuluh dua siswa SD dari kurang lebih 4.500 an murid SD yang terdaftar sebagai peserta Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) SD di Kabupaten Bandung tidak mengikuti USBN yang diselenggarakan mulai dari 22 April 24 April lalu.

Sebanyak 1442 Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Bandung menggelar ujian sekolah berbasis nasional (USBN) sejak Senin (22/4) hingga Rabu (24/4). Terdiri dari 1300 lebih SD Negeri dan 100 SD swasta, dengan jumlah peserta sebanyak kurang lebih 4.500 an.

Adapun materi USBN diujikan yakni Bahasa Indonesia, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Kabid SD Disdik Kabupaten Bandung, H. Adang Safaat SPd, MM, mengatakan USBN tingkat SD berjalan lancar hingga hari akhir pelaksanaan. Menurutnya, yang menjadi kendala hanya ketidak hadiran Dua puluh dua siswa dalam USBN. Dan itu pun membuat Dinas Pendidikan (Dindik) Kabupaten Bandung harus bekerja ektra membujuk murid-murid tersebut melalui sekolah-nya agar ikut ujian.

Kabid SD Disdik Kabupaten Bandung, H. Adang Safaat SPd, MM,
Kabid SD Disdik Kabupaten Bandung, H. Adang Safaat SPd, MM,

“Kalau kendala sih tetap ada kendala, terutama terkait masalah siswa-siswa yang sudah terdaftar dalam nominasi tetap, cuman tidak bisa ikut dalam USBN dikarenakan masalah-masalah sakit dan kecelakaan jadi kami upayakan untuk ujian susulan,” ujar H. Adang saat di ditemui diruang kerjanya , Kamis (25/4/2019).

Menurut H. Adang ada 22 siswa yang tidak mengikuti ujian dari keenam siswa tersebut, tiga di antaranya akan mengikuti ujian susulan yang direncanakan pada tanggal 26, 29 dan 30 April 2019 akan datang. “Jadi dari Dua puluh dua siswa yang tidak hadir ,” ujarnya.

H. Adang melanjutkan, pelaksaan USBN, terbilang sukses. Termasuk pelaksanaan di beberapa sekolah yang sebelumnya terendam banjir. Seperti di daerah Baleendah, Bojongsoang dan Dayeuhkolot. Bisa berjalan sebagaimana mestinya.

“Untungnya beberapa hari sebelum pelaksanaan hingga selesai banjirnya sudah surut. Jadi sekolah yang tadinya terendam air, sudah bisa dipakai kembali,”katanya.

Pengawas SD Kecamatan Pasirjambu H. Cuandi S.Pd didampingi pengawas Hj.Imas Sumantarja,S.Pd mengungkapkan sebanyak 1550 orang siswa yang ikut USBN terdiri dari 799 peserta laki-laki dan 751 peserta perempuan dari 43 SD di korwil Kecamatan Pasirjambu

Dari jumlah peserta USBN 1550 siswa yang tidak hadir mengikuti USBN di Korwil Pasirjambu ada dua orang dengan alasan sakit, yakni dari SD Cisondati 1 dan SDN Margamulya 1.
Insya alloh keduan siswa tersebut bisa ikut ujian susulan tangal 26 April besok karena sudah sehat.

Disinggung target kelulusan kata H. Wandi peserta USBN di Korwil Pasirjambu sebanyak 1550 siswa ditargetkan lulus 100 persen, dan tahun sebelumnya peserta USBN 2018, jumlah 1493 peserta dari 43 SD, alhamdulilah lulus 100 persen. (Lily Setiadarma)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *