Februari 19, 2019

Jelang UNBK, H. Nunung Himbau, Orangtua Siswa Kelas XII Memonitor Anaknya

Jelang UNBK, H. Nunung Himbau, Orangtua Siswa Kelas XII Memonitor Anaknya

Margahayu | Kontroversinews.- Pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) tingkat SMA/SMK sederajat rencananya akan digelar awal April mendatang. Sejumlah persiapan pun dilakukan.

Tak terkecuali di SMAN Margahayu Kab. Bandung tengah sibuk persiapkan PDSS ( Pangkalan Data Siswa Sekolah ) guna singkronisasi dengan data data lain baik di Akta, KK maupun identitas lainnya. Termasuk persiapan pelaksanaan simulasi, sehingga semua pihak, terutama siswa dapat memahami semua proses UNBK.

Kepala SMAN Margahayu Drs.H. Nunung Sumirat M.M, mengatakan untuk persiapan UNBK di SMAN Margahayu dilaksanakan secara Mandiri saat ini tenaga Pendidik dan para siswa tengah mempersiapkan PDSS agar singkronisasi tidak ada kesalahan dalam penulisan Ijazah baik nama maupun tanggal kelahiran, serta pelaksanaan pemantapan.

Dijelaskan H. Nunung pihaknya saat ini tengah melaksanaan pemantapan kepada siwa kelas XII adapun waktunya sesuai dengan jadwal yang telah dibuat ada yang pagi dan sore dalam satu minggu 4 kali pertemuan.

Jumlah siswa kelas XII sebanyak 486 siswa, diantaranya sebanyak 30 siwa jurusan bahasa, 342 siswa jurusan IPA dan 114 siswa Jurusan IPS . Total peserta UNBK Laki laki dan Perempuan sebanyak 207 siswa Laki laki dan 279 siswa Perempuan. Sedangkan untuk pelaksanaan UNBK diselenggarakan pada 1 s/d 8 April 2019 Mendatang sesuai dengan jadwal yang dikeluarkan Kemendikbud. Ujar H. Nunung Rabu (23/1/2019)

Masih kata H. Nunung bagi siswa yang tidak bisa mengikuti UNBK pada tanggal tersebut diberikan waktu untuk mengikuti UNBK susulan pada tanggal 15 s/d 16 April 2019, dengan tempat penyelenggaraan masih di kampus SMAN Margahayu Kab. Bandung.

Kepala SMAN Margahayu Drs. H. Nunung Sumirat M.M, bersama Wakasek Kurikulum SMAN Margahayu Talimin SPd, M.Pd,

Sedangkan untuk penyelenggaraan UASBN akan digelar pihak sekolah pada Tanggal 11 s/d 19 Maret 2019 untuk seluruh mata pelajaran, dan untuk UASBN susulan dilaksanakan pada tanggal 20 Maret 27 Maret 2019, imbuhnya.

Penyelenggaraan UNBK SMAN Margahayu dilaksanakan secara Mandiri dengan jumlah ruangan sebanyak 5 ruangan , peserta UNBK dibagi Tiga gelombang, masing masing gelombang kurang lebih 150 orang.

Masih kata H. Nunung untuk Penyelenggaraan tekjis UNBK di SMAN Margahayu ditangulangi Wakasek Kurikulum, Bapak Talimin. Sedangkan untuk pengawas Ruang ujian dilakukan secara silang dari sekolah lain tujuannya untuk menjaga kenetralan dalam pelaksanaan UNBK.

H. Nunung menghimbau , kepada para orangtua siswa kelas XII dapat memonitor anaknya, agar siap secara fisik dan mental untuk persiapan pelaksanaan UNBK mendatang, dan usahakan mengurangi kegiatan kegiatan seperti eskul maupun kegiatan lain yang diselenggarakan diluar sekolah, agar apa yang diharapkan dapat tercapai maksimal, pungkas H. Nunung.

Salah seorang siswi SMAN Margahayu Kelas XII Sheren Listiani mengaku siap untuk mengikuti UASBN maupun UNBK, saat ini para siswa tengah mengikuti pemantapan yang diselenggarakan pihak sekolah 4 kali dalam satu minggu,

“Saat ini para siswa lebih konsen terhadap persiapan untuk mengikuti SNMPTN dan SBMPTN dimana harus mengikuti test terlebih dahulu melalui online dan mulai 07 januari hingga 25 Januari 2019 ( Pendaftaran ) sedangkan untuk pengumuman pada tanggal 23 Maret 2019.

Kehawatiranpun muncul disampaikan Wakasek Kurikulum SMAN Margahayu Talimin SPd, M.Pd, dimana pada pelaksanaan UNBK nanti , yang membuat khawatir adanya gangguan aliran listrik dan pada jaringan Internet.

Namun pihaknya Optimis untuk pelaksanaan UNBK tahun ini akan berjalan lancar, dan secara upaya pihak sekolah sudah berkoordinasi dengan pihak PLN.  ( Lily Setiadarma)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *