Juli 21, 2019

Kerja Nyata PKSM Dalam Menjaga Kelestarian Alam dan Program Citarum Harum

Kerja Nyata PKSM Dalam Menjaga Kelestarian Alam dan Program Citarum Harum
Photo Credit To Dewan Pembina PKSM Kabupaten Bandung Eyang Memet didampingi Ketua PKSM Kab. Bandung Ahmad Sudirman saat memperkenalkan jenis tanaman Teureup kepada awak media di penangkaran bibit Kp. Papakmanggu Desa Cibodas Kecamatan Pasirjambu.

Kab Bandung | Kontroversinews.- Kerja nyata Penyuluh Kehutanan Swadaya Masyarakat (PKSM) dalam menjaga kelestarian alam dan menjaga penghijauan lahan dengan pola menanam terus, terus menanam pohon secara swadaya untuk mendorong suksesnya program Citarum harum.

Hal itu dikatakan Dewan Pembina PKSM Kabupaten Bandung Eyang Memet, menurutnya, ratusan anggota PKSM yang tersebar di setiap kecamatan di Kabupaten Bandung terus melakukan kerja nyata dalam mendorong program Citarum Harum yang sedang digalakan semua sektor.

“Pemerintah sedang gencar untuk mengembalikan habitat sungai citarum, salah satunya dengan perbaikan alam mulai hulu sungai. Kami sebagai penggiat lingkungan yang tergabung di PKSM juga, terus melakukan penanaman sebagai bentuk kerja nyata dalam mendorong program itu,” Jelas Eyang Kepada wartawan disela kegiatan rapat koordinasi PKSM yang dilaksanakan di rumah bibit Walatra Desa Cibodas Kecamatan Pasirjambu, Minggu (20/1)

Menurutnya, semua orang yang tergabung di PKSM merupakan para penggiat lingkungan yang selama ini terus melakukan kerja nyata dalam menjaga dan melestarikan alam dan menjaga lingkungan dengan program menanam terus dan terus menanam pohon. Sebagai lembaga peduli lingkungan, dalam programnya PKSM selalu melaksanakan secara swadaya semua anggota.

Rapat koordinasi PKSM yang dilaksanakan di rumah bibit Walatra Desa Cibodas Kecamatan Pasirjambu Kab. Bandung.

“Dalam melaksanakan program kepedulian terhadap lingkungan, kami tidak ketergantungan kepada pemerintah. Karena sebagian besar anggota kami sudah memiliki pembibitan mandiri, dengan demikian dalam melaksakan program nyata untuk menjaga alam kami tidak kesulitan pohon untuk ditanam,” akunya

Lebih lanjut Eyang Memet menjelaskan, semua anggota PKSM sudah berkomitmen dalam menjaga dan melestarikan alam dengan menjaga lingkungan. Hal dilakukan secara sosial, yang bertujuan untuk memberikan edukasi kepada generasi muda agar selalu menjaga dan melestarikan lingkungan. Sebagai buktinya, pihaknya sudah dan akan terus melakukan penanaman pohon di semua anak sungai citarum dan hutan yang dipandang kritis dan memerlukan tambal sulam pohon.

“Sebagai bentuk kerja nyata dan kepedulian kami terhadap alam, setiap tahun rutin melakukan penanam pohon baik dianak sungai citarum ataupun hutan dan lahan yang dipandang kritis dan memerlukan penghijauan. Dengan demikian saya optimis, hal itu bisa mendorong suksesnya program citarum harum,” katanya

Eyang Memet menambahkan, untuk mengembalikan habitat sungai citarum jangan terfokus di titik citarum saja. Tetapi perbaikan anak sungai dan titik hulu juga sangat penting. Oleh karena itu, sudah beberapa tahun yang lalu PKSM sudah melakukan pemeliharaan hulu sungai dengan cara menanam pohon.

“Kita lebih terfokus ke anak sungai citarum, karena hal itu juga untuk mendorong suksesnya pengembalian habitat sungai citarum yang sekarang sedang digalakan pemerintah pusat yang dilakukan oleh semua yang peduli dan berharap citarum kembali,” tuturnya

Hal yang sama dikatakan Ahmad Sudirman Ketua PKSM Kabupaten Bandung menurutnya, kepedulian lingkungan dalam menjaga kelestarian alam merupakan program kerja PKSM. Oleh karena itu, semua anggotanya berkomitmen untuk melakukan kerja nyata menjaga alam dengan melakukan penanaman secara bertahap dan rutin dilakukan.

“Kami rutin melakukan penanaman, karena sebagian besar anggota PKSM memiliki pembibitan. Dengan demikian, kami tidak kesulitan pohon untuk ditanam,”katanya. ( Lily Setiadarma)

 

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *