Maret 22, 2019

Dukung Citarum Harum, Pegiat Lingkungan Bersih-Bersih Anak Sungai

Dukung Citarum Harum, Pegiat Lingkungan Bersih-Bersih Anak Sungai
Photo Credit To Poto bersama usai penanaman pohon dan bersih-bersih sungai Cisondari desa Cisondari Kecamatan Pasirjambu Kab. Bandung Kamis (10/1)

PASIRJAMBU | Kontroversinews.- Puluhan warga Desa Cisondari, Kecamatan Pasirjambu melakukan bersih-bersih bantaran sungai Cisondari dan melakukan penanaman pohon sebanyak 500 pohon jenis rimba, Kamis (10/1). Diharapkan kegiatan tersebut bisa meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan.

Pegiat lingkungan, Eyang Memet mengatakan, Dengan penanaman pohon yang ditujukan untuk menambah Ruang terbuka hijau (RTH) dikawasan pasirjambu dan sekitarnya, hal itu juga untuk menjaga erosi dan kerusakan lingkungan khususnya di sepadan sub DAS Ciwidey.

“Saya Bersama Yayasan Walatra sudah berkomitmen bersama warga Kabupaten Bandung khususnya Masyarakat Pasirjambu, Ciwidey siap turut serta melestarikan atau mendorong program citarum harum dengam melakukan penanaman dimulai Sub Das Ciwidey,” akunya

Eyang Memet merupakan tokoh penggiat lingkungan Kabupaten Bandung yang juga ketua Yayasan Walatra akan terus melakukan perbaikan lingkungan dengan mendorong masyarakat agar peduli alam. Salah satu menjaga dengan melakukan penanaman pohon.

 

“Penanaman ini merupakan bukti nyata kepedulian warga pasirjambu dan walatra. Karena kami memiliki komitmen kita ingin berbuat yang bermanfaat bagi orang lain,”

Masih kata Eyang Memet berharap kegiatan yang dilakukan tidak sebatas seremonial. Akan tetapi terjalin sinergitas antar lembaga maupun komunitas peduli lingkungan.

“Perbaikan anak sungai Citarum bagian dari Citarum Harum. Cisondari tidak begitu parah kondisinya,” katanya.

Kapolsek Pasirjambu AKP Septa Firmansyah SH.SIK , sedang menanam pohon di bantaran sungai Cisondari, Kamis (10/1)

Sementara itu Kapolsek Pasirjambu AKP Septa Firmansyah SH.SIK , mengatakan seluruh personil polsek sebanyak 25 orang ikut berpartisipasi dalam acara kerja bakti pembersihan aliran anak sungai Cisondari yang merupakan sub DAS Ciwidey dan penanaman pohon oleh Polsek Pasirjambu bersama Walatra ( Wana lestari anak nusantra) dan masyarakat desa Cisondari. Diharapkan, masyarakat bisa menjaga kelestarian lingkungan.

Dengan kegiatan ini, paling tidak bisa mengawasi kerusakan lingkungan yang selama ini mengkhawatirkan. Selain itu, pihaknya akan terus melakukan kegiatan jaga lingkungan ini dengan ribuan tanam bibit berbagai macam tanaman yang bisa bermanfaat bagi kepentingan kehidupan masyarakat banyak.
“Dengan berbagai upaya akan kami lakukan untuk tujuan reboisasi dengan ajak seluruh stake holder dan instansi “imbuhnya.

Kepala Desa Cisondari, Rudi Kartasasmita mengatakan dengan keberadaan kelompok ecovillage di Desa Cisondari sejak 2014 pihaknya terus melakukan upaya peduli lingkungan. Dengan membersihkan parit dan sungai.

“Kita ingin bersih-bersih, habitat terjaga ekosistem utuh. Apapun didalamnya terpelihara dan sungai lestari,” Menurutnya, dari luas wilayah desa mencapai 2000 hektar sekitar 5 hektar dalam kondisi kritis,” katanya. (Lily Setiadarma)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *