Maret 22, 2019

SDN Percobaan Cibiru Raih Piagam Bintang Satu dari BPOM

SDN Percobaan Cibiru Raih Piagam Bintang Satu dari BPOM
Photo Credit To Petugas dari BPOM sedang melakukan penelitian kandungan jenis makanan layak/tidaknya dikonsumsi siswa di Kantin SDN Percobaan dan hasilnya tidak ditemukan makanan yang mengandung zat formalin atau yang membahayakan.

CILEUNYI | KONTROVERSINEWS.- Sekolah Dasar Negeri (SDN) Percobaan Cibiru meraih penghargaan piagam bintang satu keamanan pangan untuk kantin sekolah yang diberikan oleh Badan Pengawasan Obat-obatan dan Makanan (BPOM). Prestasi tersebut diraih setelah kantin sekolah mereka bisa menjajakan makanan yang sehat, bersih dan berkualitas.

Kepala SDN Percobaan Cibiru, Juju Juangsih M.Pd mengungkapkan pihaknya mendorong agar siswa mengkonsumsi makanan sehat dan bersih. Terutama saat jam istirahat berlangsung, para siswa diarahkan bisa membeli makanan di kantin sekolah yang dikelola oleh koperasi sekolah.

Kepala SDN Percobaan Cibiru, Juju Juangsih M.Pd.

“Yang asalnya dari 5 pedagang sekarang menjadi 10 pedagang di kantin sekolah,” ujarnya, Kamis (13/12). Menurutnya, pihaknya mendorong peningkatan fasilitas kantin sekolah dengan jajanan yang bervariasi.

Tidak hanya itu, ia berharap agar siswa membeli makanan di kantin sekolah dan tidak membeli dari pedagang di luar sekolah meski pintu pagar dikunci. “Saya menginginkan saat anak istirahat jajan tidak sampai keluar. Kalau anak keluar masuk lingkungan sekolah berbahaya disini banyak lalu lintas ojeg,” katanya.

Menurutnya, saat ini di kantin sekolah terdapat jajanan sehat yaitu jajanan yang baik dikonsumsi anak-anak. Sementara jajanan dari luar dikhawatirkan tidak memperhatikan kesehatan seperti adanya zat pewarna.

Dirinya mengatakan upaya menciptakan kantin sehat diapresiasi oleh BPOM Jabar dengan menjadikan SDN Percobaan Cibiru sebagai salah satu sekolah yang dijadikan percontohan memiliki kantin sehat dan sering dilakukan program sosialisasi makanan sehat.

“SDN Percobaan berhak menerima penghargaan piagam bintang yang dikeluarkan BPOM untuk kategori yang memiliki kantin sehat memiliki piagam bintang sekarang sudah diraih satu persatu,” katanya.

Dirinya mengatakan ke depan pihaknya akan terus melakukan peningkatan dan berharap bisa meraih penghargaan piagam bintang satu lagi. Sebab, BPOM dan Dinas Kesehatan Jawa Barat terus memantau sekolah untuk melihat apakah makanan yang dijajakan layak dan sehat untuk siswa.

Ia menuturkan, pihaknya juga terus melakukan sosialisasi kepada pedagang diluar sekolah untuk mrnjual makanan yang sehat dan baik untuk siswa. (Lily Setiadarma)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *