Maret 16, 2019

Kenali Perguruan Tinggi, SMAN 1 Ciwidey Kunjungi UPI dan Unjani

Kenali Perguruan Tinggi, SMAN 1 Ciwidey Kunjungi UPI dan Unjani
Photo Credit To Poto bersama Guru pembimbing dan siswa Kelas XII IPA 1 saat kunjungan studi ke kampus Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Rabu (12/12).

Kab Bandung | Kontroversinews.- Ratusan siswa kelas 12 SMA Negeri 1 Ciwidey, Kabupaten Bandung melakukan kunjungan studi ke kampus Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dan Universitas Jenderal Ahmad Yani (Unjani), Rabu (12/12). Tujuannya agar mereka mengenal perguruan tinggi dan mengetahui tata cara masuk ke perguruan tinggi yang diminati.

Kepala Sekolah SMAN 1 Ciwidey, Drs. Taufik Rachmat, MM melalui Cecep Rahmat Hidayat M Pd yang merupakan Guru Bimbingan Konseling dan Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas mengatakan kegiatan kunjungan ke kampus dilakukan bagian dari bimbingan karir kepada siswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

“Dengan kunjungan ke kampus, siswa bisa secara langsung bisa melihat fisik kampus dan istilahnya cara masuk kampus sendiri seperti apa. Siswa hampir 90 persen ikut total 423 orang dan pembimbing 23 orang,” ujarnya, Rabu (12/12).

Ia menuturkan, tujuan pertama siswa berangka ke UPI dan dilanjutkan mengunjungi ke Museum Pendidikan UPI. Kemudian dilanjutkam menuju Unjani yang berada di Kota Cimahi.

“Dengan adanya kunjungan ke kampus bisa ada kerjasama dengan perguruan tinggi. Siswa bisa lebih mengenal dan tahu trik masuk ke PTN,” katanya.

Cecep mengatakan, saat ini sekolah tengah memasuki masa jeda sehabis ujian akhir. Kegiatan yang dilakukan siswa saat ini adalah menyelenggarakan kegiatan Pekan Olahraga dan Seni (Porseni). “Porseni diikuti kelas 10, 11. Kelas 12 lakukan kunjungan ke kampus,” ungkapnya.

Dirinya menambahkan, terkait kesiapan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pihaknya tahun 2019 melaksanakan secara mandiri seperti pelaksanaan tahun lalu. “Kita punya komputer sendiri. Mudah-mudahan berjalan lancar (UNBK),” ungkapnya.

Sementara menurut peserta dari SMAN1 Ciwidey Kelas XII IPA 1 Lydia Sri Rosdiana mengaku senang bisa mengenal perguruan tinggi dan mengetahui tata cara masuk ke perguruan tinggi yang diminati.

Yang saat duduk di kelas XII sebentara lagi akan masuk keperguruan tinggi. “Alhamdulilah dengan pogram mengenal perguruan tinggi sudah ada gambaran untuk bisa mendaptar dan percaya diri untuk melanjutkan ke perguruan tinggi,”katanya. ( Lily Setiadatma)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *