Maret 25, 2019

Pengurus PWI Kab. Bandung 2017-2020 Dilantik

Pengurus PWI Kab. Bandung 2017-2020 Dilantik

Kab Bandung | Kontroversinews.- Pelantikan pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bandung periode 2017-2020 digelar di Gedung Bale Sawala, Soreang, Komplek Pemkab Bandung, Jumat (2/11/18). Dimasa yang akan datang keberadaan PWI diharapkan bisa menjadi wadah untuk wartawan yang lebih beretika, profesional dan berwawasan dalam mengadapi tantangan zaman.

Ketua PWI Provinsi Jawa Barat, Mirza Zulhadi mendorong agar pengurus PWI Kabupaten Bandung mengakomodir para anggotanya untuk diikutsertakan dalam pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawam (UKW). Hal ini penting mengingat pada 2019 mendatang, Dewan Pers mulai mengeluarkan imbauan bahwa wartawan yang berhak dilayani oleh narasumber adalah yang sudah terverifikasi.

“Uji kompetensi merupakan salah satu tolok ukur kualitas seorang wartawan. Sehingga ini penting. Kemudian selain wartawannya, perusahaan persnya pun yang sudah terverifikasi. Ini dilakukan untuk memberikan hasil berita yang berkualitas untuk masyarakat,” kata Mirza usai pelantikan dan acara orientasi wartawan.

Mirza yang juga Sekjen PWI Pusat melanjutkan, saat ini ada tiga lembaga yang berhak menggelar uji kompetensi, yakni PWI, Aliansi Jurnalis Independen (AJI) dan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI).

“Wartawan yang telah lulus uji kompetensi, akan mempunyai produk berita yang baik. Efeknya terasa, ketika teman-teman wartawan sudah lulus UKW akan berdampak terhadap pemberitaan mereka,” katanya.

Selain mempunyai efek dalam berita, menurutnya wartawan yang telah lulus uji kompetensi juga akan mempunyai etika bagus terhadap narasumber. Untuk mewujudkan wartawan yang kompeten, PWI Provinsi Jawa Barat selama ini telah menggelar UKW sebanyak 23 kali, dan diikuti oleh wartawan dari berbagai daerah di Jawa Barat.

“Sejauh ini PWI Jawa Barat memiliki anggota sebanyak 800 orang wartawan dari berbagai media, baik cetak maupun online. Dan yang sudah lulus UKW baru sekitar 400 anggota,” ujarnya.

Bupati Bandung, H. Dadang M. Naser yang turut hadir pada acara pelantikan tersebut, mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung menyambut baik upaya dari organisasi kewartawanan di wilayahnya, terus meningkatkan kapasitas setiap wartawan.

“Posisi awak media sangat strategis. Saya menyambut baik terkait UKW ini. Kapasitas wartawan memang harus terus ditingkatkan. Apalagi wartawan sangat berperan dalam memerangi berita bohong atau hoaks yang akhir-akhir ini mewabah seiring perkembangan teknologi,” katanya.

Menurut Dadang, kehadiran wartawan ini sangat berperan dalam meluruskan berita-berita bohong menjadi lebih objektif kepada masyarakat. Jangan sampai, wartawan justru menyampaikan pemberitaan hoaks.

“Wartawan merupakan sebuah profesi strategis yang bisa memberikan edukasi kepada masyarakat. Sehingga, kami menjadikan wartawan sebagai mitra strategis dalam pembangunan di Kabupaten Bandung,” ujarnya.

Ketua PWI Kabupaten Bandung, Rahmat Sudarmaji menambahkan, pihaknya akan terus berupaya untuk meningkatkan kualitas anggotanya. Uji kompetensi menjadi salah satu prioritas dalam pemenuhan kapasitas wartawan di Kabupaten Bandung.

“Setiap tahun kami akan mengirim wartawan untuk mengikuti UKW. Pada tahun ini alhamdulillah sudah 11 anggota kami yang ikut UKW. Dan tahun depan kami akan mengirimkan 9 orang anggota untuk ikut serta UKW,” katanya.

Pada kesempatan tersebut, selain pelantikan pengurus PWI Kabupaten Bandungn digelar juga orientasi wartawan dengan tema “Membangun Jiwa Wartawan Beretika, Profesional dan Berwawasan.”

“Tentunya, kami di PWI memiliki tuntutan untuk terus meningkatkan profesionalisme para wartawan khususnya di Kabupaten Bandung,” ujarnya. (Lily Setiadarma)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *