Agustus 20, 2019

Juang Sinaga Sosialisasi Imunisasi Measles Rubella

Juang Sinaga Sosialisasi Imunisasi Measles Rubella

Samosir | Kontroversinews.-Pemerintah Kabupaten Samosir melalui Dinas Kesehatan melaksanakan pertemuan Advokasi dan Sosialisasi Kampanye Imunisasi Measles Rubella (MR) bertempat di Aula Hotel Dainang Pangururan, Senin 16/7/18. Acara dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Samosir Ir. Juang Sinaga.

Wabup sangat menyambut baik kegiatan tersebut. Penyakit campak dikenal sebagai mobili atau measles yang disebabkan oleh virus dan dapat menular melalui batuk dan bersin. Penyakit campak sangat berbahaya apabila disertai komplikasi pneumonia, diare, meningitis yang dapatbmenyebabkan kematian. Rubella merupakan penyakit akut ringan yang sering menginfeksi anak dan dewasa muda yang rentan. Tetapi yang menjadi perhatian dalam kesehatan masyarakat adalah efek teratogenik apabila rubella menyerang wanita hamil.

Kampanye imunisasi measles rubella bertujuan untuk meningkatkan kekebalan masyarakat terhadap penyakit campak dan rubella secara cepat, memutuskan transmisi virus campak dan rubella, menurunkan angka kesakitan campak dan rubella serta menurunkan kejadian crs.

Kampanye imunisasi measles rubella merupakan suatu kegiatan imunisasi secara massal sebagai upaya untuk memutuskan transmisi penularan penularan virus campak dan rubella pada anak usia 9 bulan sampai dengan < 15 tahun, tanpa mempertimbangkan status imunisasi sebelumnya.

Mengingat besarnya jumlah sasaran kampanye imunisasi, wabup menghimbau agar pelaksanaannya mendapat dukungan dari semua pihak dan berjalan dengan baik sesuai dengan target yang ditentukan sehingga masyarakat Kabupaten Samosir terhindar dari penyakit campak, rubella dan crs.(ps)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *