Mei 23, 2018

Rapidin Janjikan Pembangunan Pompa Air

Rapidin Janjikan Pembangunan Pompa Air

Samosir | Kontroversinews.-Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon, MM menjanjikan pembangunan sebuah pompa air besar di Desa Sigaol Simbolon, hal ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan petani menghadapi musim kemarau di Desa tersebut. Janji tersebut dikatakan Bupati Samosir dihadapan para petani pada acara yang digelar Kelompok Tani Dosniroha (Keltados) di Desa Sigaol Simbolon, 11/05. Wakil Bupati Samosir Ir. Juang Sinaga juga menjanjikan satu unit handtraktor kepada keltados.

Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon, MM mengatakan Keltados harus menjadi contoh bagi kelompok tani lainnya. Bantuan-bantuan yang diberikan pemerintah harus dijaga dan digunakan bagi kepentingan kelompok tani. Dengan adanya mesin pompa air, nantinya petani akan makmur, sedikitnya dalam dua kali setahun harus mampu panen sehingga kesejahteraan petani meningkat kata Rapidin Simbolon. Pertanian saat ini menjadi perhatian serius Pemkab. Samosir, untuk itu petani harus bekerja keras dan pemerintah siap mendukung, terangnya.

Lebih lanjut dijelaskannya bahwa pompanisasi yang akan dibangun dapat mengairi hingga 1000 ha lahan pertanian. Namun dalam melaksanakan pembangunan ini, Bupati berharap masyarakat bersedia melepas lahan.  Selain pompanisasi, Bupati juga menjanjikan satu unit Combine Harvester (mesin pemanen padi) kepada keltados dan langsung disambut tepuk tangan dari para petani. Selanjutnya Bupati dan Wakil Bupati Samosir menyerahkan bantuan berupa mesin penyemprot kepada anggota kelompok tani dosniroha.

Ketua Keltados Patar Simbolon mengatakan, kelompok tani Dosniroha (Keltados) merasa bersyukur atas bantuan-bantuan yang diberikan Pemerintah Kabupaten Samosir selama ini. Berkat bantuan-bantuan dari Pemerintah, kelompok tani dosniroha dapat berkembang hingga mampu memberikan bantuan kepada masing-masing anggota berupa mesin penyemprot padi. Dijelaskannya bahwa lahan yang mereka kelola seluas 25 ha lebih terdiri dari sawah tadah hujan sehingga pengairan sangat dibutuhkan.

Patar menambahkan Penyelenggaraan acara yang bertema Keltados Berkarya Membangkitkan Semangat Untuk Petani ini bertujuan untuk meningkatkan semangat bagi para petani untuk tetap bekerja keras. Petani jangan malu, tanpa petani tidak ada yang makan di dunia ini tambahnya.

Dalam kesempatan ini, petani menyerahkan hasil pertanian berupa beras dan bawang kepada Bupati, Wakil Bupati Samosir sebagai ungkapan terima kasih atas perhatian pemerintah.

Kadis Pertanian Erkanus Simbolon mengatakan akan memberikan bantuan kepada setiap kelompok tani dan berusaha untuk pengembangan pertanian di Kabupaten Samosir. Dijelaskannya bahwa hasil pertanian dari tahun ketahun mengalami peningkatan.(ps)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *