Mei 24, 2018

FES Jajaki Kerjasama dengan Pemkab Samosir

FES Jajaki Kerjasama dengan Pemkab Samosir

Samosir | Kontroversinews.- Friedrich Ebert Stiffung (FES) bersama Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI menjajaki kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Samosir. Rombongan FES dan Perwakilan dari Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenkopmk) RI menemui Bupati Samosir diruang kerjanya dan diterima langsung oleh Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon, MM 07/05.

FES merupakan yayasan tertua di Jerman yang bergerak di bidang politik, sosial, pendidikan. Yayasan ini memiliki perwakilan di Indonesia dan mengikat kerjasama dengan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI. Untuk mengaplikasikan kerjasama tersebut Kementerian memilih Kabupaten Samosir sebagai daerah percontohan.

Mian Manurung perwakilan FES Indonesia menawarkan tiga bentuk kerjasama yaitu peningkatan kwalitas perangkat desa, BUMdes dan sistim pemerintahan berbasis on-line (website). Namun dalam penerapannya, Mian mengatakan bersadarkan pengalaman-pengalaman bahwa dalam suatu daerah pihaknya hanya mampu mengaplikasi 2 dari 3 program tersebut pada 5-6 desa. Ditambahkannya, bahwa menjalankan program tersebut sepenuhnya anggaran untuk kegiatan merupakan dana dari FES dan tidak menggunakan anggaran pemerintah. Beberapa desa di Kabupaten Samosir akan dipilih dan dijadikan percontohan. FES akan dibantu mitra kerjanya Organisasi masyarakat sipil FITRA (Forum Indonesia untuk tranparansi anggaran).

Bupati Samosir Drs. Rapidin Simblon, MM menyambut baik program tersebut dan menawarkan agar FES fokus pada Peningkatan kwalitas perangkat desa dan BUMdes. Bupati menilai bahwa SDM perangkat desa di Samosir masih rendah sehingga perlu pembenahan. BUMdes juga sangat perlu, masing-masing desa saat diwajibkan untuk memiliki BUMDes, sehingga tenaga dan pemikiran dari yayasan FES dan Fitra yang sudah memiliki keahlian khusus dibidang ini sangat dibutuhkan para kepala desa,  tambah Rapidin Simbolon.
Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon, MM yang didampingi Kepala Bappeda, Sekretaris PPAMD, Kabag Ortala, dan Kabag Humas dan Kerjasama menyampaikan ungkapan terima kasih kepada rombongan dan menegaskan bahwa pemerintah Kabupaten Samosir sangat mendukung program-program tersebut.

Turut hadir dalam audiensi tersebut, Kabid Sarpras Kemenko PMK RI Hotman Sahat G. Sihotang, Kasubbag Ekonomi Kreatif Kemenko PMK Duner Manalu, perwakilan Fitra Sumut Sekar Ayu, Seknas Fitra, Betta anugrah, Elda Claudia dari FES.(ps)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *