Mei 26, 2018

Panitia Festival BudayaLeluhur Batak Audensi dengan Bupati

Panitia Festival BudayaLeluhur Batak Audensi dengan Bupati

Samosir | Kontroversinews- Bupati Samosir Drs Rapidin Simbolon, MM menerima audiensi Panitia Festival Budaya Leluhur Batak, Minggu (06/05) bertempat di Pendopo Rumah Dinas Bupati Samosir. Bupati didampingi oleh Kadis Budpora, Kadis Perhubungan, Sekretaris Diskominfo, Sekretaris Dispar, Kabag Humas serta Kabag Umum Setdakab Samosir.

Salah satu Panitia Festival Budaya Leluhur Batak Ny. Hinca Panjaitan br. Silalahi menjelaskan diselenggarakannya festival tersebut merupakan salah satu bahagian upaya masyarakat bersama pemerintah untuk mendorong terwujudnya Samosir Geopark Nasional Kaldera Toba, khususny di bidang pelestarian dan pengembangan budaya leluhur Batak (culture diversity) yang harus tetap hidup, terpelihara dan berkelanjutan dgn menjaga keseimbangan kehidupan manusia dengan alam, dan leluhurnya.
Festival akan diselenggarakan tanggal 04 s/d 10 Juli 2018 di Kabupaten Samosir.
Adapun rangkaian acara yang akan dilaksanakan adalah ritual budaya Batak yang sudah banyak dilupakan, antara lain
– Ritual “Manjou Mulak Mata Mual” (04/07)
– Misa Inkulturatif bersama 1.000 umat (05/07)
-Ritual ” Patappehon Junjungan” (06/07)
– Ritual “Pasahathon Ulian Bolon”
– Acara puncak  “Gondang Sabangunan” (07/07 s/d 08/07)
– Penanaman Pohon di.kawasan Ruma Hela Pinggang Gunung Pusul Buhit (09/07)
– Closing Festival dengan hiburan musik dan lagu tradisional Batak (10/07)

Event tersebut  didukung sepenuhnya Kementerian Pariwisata RI dan beberapa lembaga terkait, menjadi event wisata edukasi budaya leluhur Batak melalui Ruma Hela, dipusatkan di sekitaran Simullop Kec. Pangururan. Festival ini diharapkan menambah minat kunjungan wisata ke Samosir, sehingga masyarakat bisa mendapatkan multiplier effect yng positif, peningkatan ekonomi, pelestarian lingkungan dan secara khusus budaya leluhur Batak.

Bupati  Samosir sangat mengapresiasi dukungan Ruma Hela -Samosir yg mampu berkontribusi dalam pengembangan budaya dan pariwisata Samosir Negeri Indah Kepingan Sorga. Bupati Samosir sangat mendukung terlaksananya  event besar tersebut dan meminta agar panitia mempersiapkan dengan baik event tersebut, termasuk usulan job desk antara Panitia Ruma Hela -‘Pemerintah Samosir’ Sepanjang ada ditampung dlm anggaran dan peraturan yg berlaku. Audiensi diakhiri dengan jamuan makan bersama.(ps)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *