Mei 24, 2018

RAPAT PARIPURNA DPRD SAMOSIR

RAPAT PARIPURNA DPRD SAMOSIR

Samosir | Kontroversinews.-Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Samosir dalam rangka Penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Bupati Samosir Tahun Anggaran 2017 dilaksanakan di ruang Rapat gedung DPRD Samosir, Rabu 2/5/18. Rapat paripurna dibuka oleh Ketua DPRD Samosir. Turut hadir Bupati dan Wakil Bupati Samosir, Wakil Ketua dan anggota DPRD Samosir, Wakapolres Samosir, Pabung 0210/TU, perwakilan Kejari Samosir, Sekda, para Staf Ahli, Asisten, pimpinan OPD, tokoh masyarakat, LSM dan insan pers.

Atas nama Pemerintah, Bupati Samosir menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada segenap pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Samosir yang telah menjalankan fungsi legislasi, pengawasan dan budgeting secara optimal terhadap penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan derah Kabupaten Samosir TA 2017.

Dalam perjalanan roda Pemerintahan di Kabupaten Samosir yang telah memasuki usia 14 tahun, pada tahun anggaran 2017, Pemkab. Samosir bersama DPRD telah melakukan berbagai kebijakan, dan di waktu pelaksanaannya telah dijabarkan dalam berbagai program dan kegiatan. Namun dalam pelaksanaan program dan kegiatan tersebut belum sepenuhnya dapat terwujud untuk memenuhi seluruh harapan, aspirasi, tuntutan serta kebutuhan yang selalu berkembang di tengah – tengah masyarakat. Tetapi harus diakui sudah ada berbagai perubahan dan perbaikan, baik dari segi penyelenggaraan pemerintahan, penyediaan kebutuhan sarana dan prasarana, maupun peningkatan pendapatan masyarakat yang diraih secara bertahap. Semua itu dapat dicapai, berkat kerjasama dan kerja keras serta dukungan semua stakeholders pembangunan Kabupaten Samosir.

Beberapa capaian kinerja Pemkab Samosir pada TA 2017, antara lain ” Capaian kinerja sektor pendidikan, dimana angka partisipasi murni pada tingkat SD, SMP meningkat, serta jumlah siswa/i yang masuk SMA Unggul Del dan Yasop meningkat. Capaian kinerja sektor pariwisata dimana kunjungan wisata ke Kabupaten Samosir dari tahun 2016 – 2017 meningkat 45, 79%.

Peningkatan akses angkutan dari dan menuju Kabupaten Samosir menuju bandara internasional Silangit (PP) berupa pengoperasian 2 bus perhubungan. Capaian kinerja Pemkab Samosir sektor tata kelola dimana Samosir peringkat 3 se -Sumut dalam capaian ukuran keberhasilan pelapor B12 pelaksanaan aksi pencegahan dan pemberantasan korupsi, peringkat ke 2 terbaik se- Sumut pada penilaian penghargaan pembangunan daerah, meraih predikat CC dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi atas pelaksanaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) serta mendapat apresiasi dari Kementerian Keuangan melalui Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang di Pematang Siantar atas pelaksanaan lelang aset tahun 2017.

Capaian pembangunan Infrastruktur yaitu penuntasan jalan lingkar pusuk buhit (16 Km), peningkatan jalan Sosor Dolok menuju menara pandang tele (6,75 Km), peningkatan jalan Pangururan menuju Lumban Sihombing (49 Km), peningkatan jalan Outer Ring Road Janji Raja menuju Holbung, dari Tamba menuju Sabulan, peningkatan jalan dari Simpang Cinta Maju menuju Tamba Dolok hingga Janji Maria, penataan kawasan perkotaan Pangururan, penataan pantai Onan Baru, pedestrian dan penataan aek rangat serta penggantian jembatan aek rangat dan pengadaan kapal wisata bercorak gorga batak.

Mengakhiri sambutannya, Bupati mengajak semua unsur elemen masyarakat untuk tetap membangun kebersamaan dan sinergitas, dengan mengarahkan segala kemampuan serta kekuatan demi percepatan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan berazaskan kearifan lokal yaitu Dalihan Natolu Paopat Sihalsihal serta Satahi Saoloan.(ps)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *