Februari 19, 2019

Bupati Buka Musrenbang RKPD Kabupaten Samosir 2019

Samosir | Kontroversinews.- Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon, MM membuka secara resmi Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Samosir Tahun 2019, yang digelar oleh Bappeda Kabupaten Samosir di Hotel JTS Parbaba.

Kepala Bappeda Kabupaten Samosir Rudi SM. Siahaan,  AP, MM dalam laporannya menyampaikan Musrenbang RKPD 2019 akan berlangsung selama dua hari, 26-27 Maret 2018, dengan agenda pembukaan dan pemaparan  oleh narasumber pada hari pertama 26/3/18 dan Forum Lintas Bidang (Diskusi), Penandatanganan Berita Acara Kesepakatan pada hari kedua (27/3). Peserta musrenbang melibatkan unsur pemerintah pusat,  pemerintah propinsi Sumatera Utara,  Bupati Se-Kawasan Danau Toba, pimpinan dan anggota DPRD, FKPD, OPD, instansi vertikal, akademisi, LSM/ormas, tokoh masyarakat, investor, keterwakilan perempuan dan kelompok masyarakat.

Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Samosir kali ini mengangkat tema “Melanjutkan pembangunan infrastruktur dan meningkatkan nilai tambah sektor pertanian dan kepariwisataan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi”.

Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon, MM dalam arahannya mengharapkan pelaksanaan musrenbang ini hendaknya tepat sasaran dan berkualitas. Pelaksanaan musrenbang ini merupakan amanat Undang-undang sebagai forum antar pemangku kepentingan dalam rangka menyusun rencana pembangunan daerah.

Musrenbang RKPD 2019 akan dilaksanakan melalui 3 forum lintas perencanaan pembangunan yang prioritas dan merupakan inti dari visi dan misi yang tertuang dalam RPJMD Kabupaten Samosir 2016-2021 yakni  “Terwujudnya Masyarakat Samosir yang Sejahtera, Mandiri dan Berdaya Saing Berbasis Patiwisata dan Pertanian”. Ketiga forum lintas perencanaan pembangunan itu meliputi Kepariwisataan, Pertanian, Pembangunan SDM dan Penanggulangan Kemiskinan.

Lebih lanjut, Bupati meminta kepada Pemerintah Propinsi Sumatera Utara untuk memberikan perhatian lebih kepada Samosir dan Danau Toba untuk mendukung program Presiden RI Joko Widodo yang telah menetapkan kawasan Danau Toba sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN). Kepada Bupati Se-Kawasan Danau Toba, Rapidin menyatakan bahwa Pemkab Samosir akan tetap komit dalam pembangunan pariwisata kawasan Danau Toba melalui Geopark Kaldera Toba, dan memperkuat kerjasama dengan pemda se-kawasan Danau Toba. Oleh karena itu diminta agar setiap pemda dikawasan Danau Toba menampung anggaran di masing-masing APBD dalam rangka percepatan pembangunan Geopark Kaldera Toba.(ps)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *